Waspadai Akun Palsu Yang Digunakan Sebagai Modus Cinta di Medsos

Editor: Agustinus Bobe author photo
JAKARTA, GLOBALSTAR.ID-- Kini dunia teknologi semakin cangkih membuat orang banyak beraksi di dunia maya. Khususnya di media sosial ( Medsos) seperti facebook, instegram, twitter dan lain-lain.

Ada oknum tertentu yang menggunakan akun palsu mengcopy paste biodata dan foto orang lain bukan miliknya sendiri.

Lebih cilaka lagi, mereka mengedit foto orang lain dan pasang di profil akun palsu itu lalu membuat group mencari jodoh. Lantas mereka minta bertemanan dengan orang lain sebagai calon korbannya.

Setelah curahat, lalu diminta berkenalan. Akun palsu ini mengakui dirinya sebagai seorang wanita cantik sedang mencari pasangan untuk menikah. Padahal pemilik akun palsu itu adalah sesungguhnya dia seorang pria.

" Saat kita jebak mereka untuk bertukaran foto, mereka kirim foto wanita cantik sambil merayu untuk menikah secara online. Jebakan berikutnya, coba video call dan perdengarkan suara, akun palsu itu akan banyak bergelit bahwa dia sekarang berada di ruangan tertutup tidak bersuara," ujar Merci kepada Globalstar.id , Minggu (19/7/2020).

Selain itu, kata Merci, modus penipuan ini pun bukan saja dilakukan via kontak jodoh, tetapi lewat mafia pinjam uang melalui online. Berhati - hati karena mereka itu berkomplotan, misalnya ditawarkan melalui aplikasi pinjam uang cepat cair dan uang gaib. Itu semua bohong penipu.

Saat ditawarkan untuk pinjam uang, mereka akan minta uang deposito .Ini ujung - ujungnya tipu ," ucap Merci dengan nada kesal sebagai korban penipuan online ( TIM GSI)
Share:
Komentar

Berita Terkini